Terus Jaga Keandalan Pasokan, PLN UPT Jambi Lakukan Pemeliharaan di Gardu Induk Muara Sabak

*Muara Sabak* – Pejuang kelistrikan PLN Unit Penyaluran Transmisi (UPT) Jambi dan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Aur Duri terus melakukan upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik dalam rangka mendukung aktivitas dan kemajuan kehidupan masyarakat.

Kegiatan inspeksi atau pemeriksaan secara rutin dilakukan untuk memastikan infrastruktur kelistrikan terbebas dari potensi yang dapat mengganggu keandalan penyaluran energi listrik kepada masyarakat. Kegiatan pemeliharaan dilakukan sesuai Standart Operation Procedure (SOP) pengoperasian infrastruktur kelistrikan, sebagaimana pemeliharaan Busbar B 150 kV GI Muara Sabak yang dilakukan oleh 14 personil gabungan pemeliharaan dari PLN UPT Jambi.

Manager PLN UPT Jambi, Ricky Haryoseno menyampaikan pemeliharaan Busbar ini dilaksanakan agar kelistrikan di wilayah kota Muara Sabak dan sekitarnya tetap andal serta dapat menyala selama 24 jam secara terus menerus, juga meminimalisir terjadinya gangguan.
“Personil tim UPT Jambi serta Jaringan dan Gardu Induk (Jargi) ULTG Aur Duri melaksanakan pemeliharaan Busbar B di GI Muara Sabak tanggal 17 Oktober 2023,” ungkap Ricky.

Ia menambahkan pada saat pemeliharaan Busbar ini menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar PLN yang berlaku. “Tentu pelaksanaan kegiatan ini juga dalam pengawasan ketat dan penggunaan alat pelindung diri (APD) agar seluruh petugas PLN selalu aman dalam bekerja,” imbuhnya.

Beberapa proses pekerjaan pemeliharaan Busbar yang dilaksanakan diantaranya pembersihan isolator Material Transmisi Utama (MTU) dan pengecekan Konduktor pada Busbar B.

Lokasi pelaksanaan kegiatan pemeliharaan Busbar B di GI Muara Sabak merupakan salah satu dari 11 GI di sistem Jambi yang melayani masyarakat di Provinsi Jambi, mulai dari Muaro Jambi sampai dengan Kerinci. “PLN secara konsisten melakukan pemeliharaan rutin pada setiap infrastruktur kelistrikan sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) Pemeliharaan aset-aset PLN demi listrik tetap menyala,” tutup Ricky.

*Narahubung*
Yahya Dwibrata K.
Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP3B Sumatera
Tlp. (0761) 6700011