UTUSAN PARPOL SE KABUPATEN SOLOK SAMBUT BAIK KEGIATAN MITIGASI PENYELESAIAN SENGKETA ACARA CEPAT PEMILU 2024.

Basko Hotel Padang, 23/06/2023-Utamapos.com.
Bertempat dibalroom Nantongga Hotel Basko padang sumatera barat, Bawaslu Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan ” Rapat Kerja Teknis Penyelesaian Sengketa Acara Cepat Pemilu 2024 kepada Seluruh Panwascam Sekabupaten Solok “.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Afri Memori, SE dengan penyampaian tujuan kegiatan adalah untuk meminimalisir dan bahkan kalau bisa nol kasus ataupun sengketa antar peserta Pemilu 2024 diwilayah Kabupaten Solok.” Jadikan setitik air untuk penyemangat energi dalam bertugas ” ucap Afri Memori, SE.


Acara ini melibatkan lima belas utusan Parpol ( PPP, DEMOKRAT, PKS, NASDEM, GERINDRA, PERINDO, UMMAT, PSI, GELORA, GOLKAR, PAN, HANURA , PKB, PKN ,PDIP ) Sekabupaten Solok, Panwascam se Kabupaten Solok beserta Staf dan Kasek serta beberapa awak media berlangsung selama dua hari dengan harapan para peserta memahami alur dan proses penyelesaian sengketa acara cepat di Pemilu nanti.

Selanjutnya ketua Bawaslu Sumatera Barat ALNI, SH.,M.Kn juga hadir dan memberikan sambutan serta semangat kepada seluruh peserta, hadir juga Komisioner KPU Kabupaten Solok terpilih 2023-2028 Defil Piliang.

Agenda Bawaslu kabupaten Solok kali ini menghadirkan tiga orang pemateri diawali oleh Otong Rosadi.

Dimateri pertama Otong Rosadi menyampaiakan begitu besarnya peran Tokoh Masyarakat sebagai sebagai peredam terjadinya masalah sengketa dan upaya mitigasi sengketa antar peserta.

Pada sesi ke dua, materi disampaiakan oleh anggota KPU HAMDAN, S Pd, M Pd.E periode 2023- 2028 Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sumatera Barat.
Menyampaiakan pada materi tentang penyelesaian acara sengketa cepat antar peserta pemilu memiliki peran dalam membuat kebijakan yg tidak bias konflik dan melaksanakan putusan Bawaslu mengenai sangsi atas pelanggaran administratif dan sengketa proses pemilu sesuai yg tertuang dalam Pasal 14 UU no 7 tahun 2017.
Kurangnya bimtek keseluruh anggota KPPS mengakibatkan terjadinya potensi kekeliruan dan kesalahan proses pemungutan penghitungan suara yang berujung PSU. Hal ini wajib menjadi perhatian dengan cara tidak hanya membimtek tiga orang KPPS saja , tetapi melibatkan seluruh anggota.

Disesi terakhir hari kedua kegitan rakernis, materi penutup oleh anggota Bawaslu Kabupaten Solok Andri Junaidi, MH divisi P3S ( Pelanggaran Penyelesaian Sengketa ) dengan penyampaian materi dalam dua metode.
Dalam penyampaiannya, Andri Junaidi, MH
Memberikan materi dalam bentuk peserta mendengarkan penjelasan ” Penyelesaian Sengketa Antar Pemilih “, dilanjutkan dengan metode menonton video simulasi yang sudah disiapkan oleh Bawaslu Kabupaten Solok dalam penyelesaian sengketa antar peserta dimulai dari proses pelaporan dan pengambilan keputusan oleh anggota Bawaslu.

Acara ditutup oleh Andri Junaidi, MH dengan berpesan pada penyelenggara ( Panwascam ) untuk bekerja semaksimal mungkin, seidealis mungkin sesuai amanah Undang Undang