POKDARWIS TANGAYA KENALKAN GEOPARK SINGKARAK DANAU KEMBAR SEJAK DINI KE TK DAN PAUD SE KECAMATAN X KOTO SINGKARAK.

Utamapos.com, Solok – Berbicara tentang geopark memang belum bnyak yg tau,geopark apa ya…
Geopark seperti apa ya…

Geopark adalah sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya, yang dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Saat ininsedang maraknya pengembangan wisata geopark ,sebut saja geopark silokek yg sudah mendunia .

Nah kabupaten solok juga sedang dalam masa mngenalkan geopark nya kedunia pendidikan dan pariwisata dengan nama GEOPARK SINGKARAK DANAU KEMBAR,.

Wilayah kec x koto singkarak yg dilalui oleh patahan semongko merupakan satu aset yg bisa dikenalkan sejak dini.Peran dinas pariwisata dalam pengembangan geopark SDK ( singkarak danau kembar ) sudah bisa dirasakan.Terbukti dengan sudah diadakannya satu forum workshop antara dinas pendidikan ,pokdarwis dan penggiat wisata beberapa bulan yg lalu yg bertempat disalah satu hotel disawah lunto yg salah satu output dari kegitan tersebut adalah dengan diadakannya EVENT lomba mewarnai geosite yg ada disaning baka ug diikuti oleh anak anak TK dan PAUD se kecamatan x koto singkarak.

Lalu bagaimana anak anak peserta lomba tersebut bisa mngrnal geosite…?
Melalui kegigihan serta ide kreatif ELDO ASKHIA ( ketua pokdarwis tangaya ) dan kawan kawan beserta kolaborasi dengan kukuak balenggek CNN menyiapkan satu sketsa gambar yg akan diwarnai anak anak / peserta yg didalamnya termuat beberapa gambar geosite yg ada disaning baka,antara lain gambar bunga raflesia,danau dan air terjun batang raso.

Hadir dalam kegiatan tersebut bapak banta baransyah adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreatif dinas pariwisata kab solok ,mami geopark kab solok YASMIARTI ( kepala SDN 22 JAWI JAWI KAB SOLOK ),miss DONA,PMI kab solok ,serta beberpa penggiat wisata dan pokdarwis se kab.solok dan awak media yg ada dikab solok
Keluar sebagai juara I rafa fandi TK pelita hati singkarak yg hadiah diserahkan oleh bundo kanduang dan BPN saniang baka,juara II yorana nia TK matahari,juara III TK pelita hati KASIAK.

Sedang untuk juara favorit hadiah diserahkan olah bapak banta baransyah sebagai perwakilan dari dinas pariwisata kab solok.
Pada sesi penutupan ,BANTA BARANSYAH berpesan semoga kegiatan ini bisa dilakukan diseluruh pokdarwis dan geosite yg tersebar dikab solok sebagai wadah untuk mngenalkan kedunia pendidikan dan tidak hanya TK dan PauD tetapi juga SD,SMP dan SMA.