Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Hadiri Pengarahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Kamis Tanggal 07 September 2023 sekira pukul 09.30 Wib Bertempat di Balai Serindit Aula Gubernuran Jalan Diponegoro No. 23, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pekanbaru- UtamaPos.com Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Supardi yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Hendrizal Husin, S.H., M.H menghadiri Pengarahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si, Para Pejabat di lingkungan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Supardi yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Hendrizal Husin, S.H., M.H, Danrem 031/ WB yang dalam hal ini diwakil oleh Kasi Pers Korem 031/WB Kolonel Inf. Asep Supriatna, S.IP, Kapolda Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Wakapolda Riau Brigjen. Pol. Drs. K. Rahmadi, S.H., M.H, Lanud Roesmin Nurjadin yang dalam hal ini diwakili oleh Kadis Pers Lanud Roesmin Nurjadin Kol Adm Efrizal Syah S.A.P. M.I .Pol, Danlanal Dumai yang dalam hal ini diwakili oleh Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H, KPT Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Hakim Tinggi Adhock KPT Tantowijauhari, S.H., M.H, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si, Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru Anna Hasnah Hasaruddin, S.E., M.M, Anggota Forkopimda atau yang mewakili, Para Bupati/ Walikota Se- Provinsi Riau, serta Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam penyampaian sambutannya, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si mengucapkan selamat datang kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si beserta jajaran Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Kemudian, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menyampaikan bahwa Provinsi Riau telah menjadi salah satu pusat perekonomian Sumatera ditandai dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2023 tumbuh sebesar 4,88%. Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-6 di Indonesia. Begitu juga dengan capaian IPM pada tahun 2022 sebesar 73,52 (kategori tinggi), lebih tinggi dari capaian Nasional, yaitu sebesar 72,91.

Dengan demikian, IPM Provinsi Riau berada pada peringkat tujuh (7) se Indonesia. Begitu juga dengan realisasi investasi Provinsi Riau pada tahun 2022 termasuk ke dalam lima terbaik nasional.

Diakhir sambutannya, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau senantiasa berupaya menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Pembaharuan dan perubahan mendasar pada aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia aparatur ke arah yang lebih baik telah kami lakukan, guna memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah.

Mari kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana bertukar informasi, serta berbagi perspektif mengenai isu-isu yang berkembang di lingkungan ASN Riau. Bersama kita dapat membangun ASN yang berkualitas, berdaya saing, dan responsif dalam pelayanan publik.

Selanjutnya, Penyampaian Kata Sambutan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si.

Dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si menyampaikan bahwa salah satu tantangan kita saat ini yaitu Rutinitas, dimana harus tau Output dan Input apa yg di kerjakan dan harus ada berdampak apa yg telah kita kerjakan pada kantor.

Dalam Arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo tentang reformasi birokrasi yaitu Birokrasi yang berdampak, Reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas, Birokrasi Lincah dan Cepat. Program perioritas Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menterjemahkan Arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo sebagai berikut :

– Pemangkasan Proses Bisnis layanan Kepegawaian, Berdampak pada Jutaan ASN.

– Penerapan Reformasi Birokrasi Tematik pada 4 Kluster Prioritas.
– Transformasi Profesionalisme ASN Berbasis Digital (Meliputi Penyederhanaan Birokrasi dan Jabatan Fungsional) dan Penataan Tenaga Non-ASN (Honorer).

– Akselerasi Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) & MPP Digital di Seluruh Indonesia.

– Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

– Percepatan Penyusunan Kebijakan Kelembagaan, Tata Kelola, dan ASN Menuju IKN Nusantara & DOB Papua.

– Transformasi Sistem Pendidikan ASN Mendukung Percepatan Reformasi Birokrasi Tematik.

Kemudian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si juga menyampaikan penyederhanaan Proses Bisnis layanan kepegawaian di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dampak penyederhanaan proses bisnis layanan kepegawaian.

Penyederhanaan tahapan dan Digitalisasi layanan kepegawaian Guna Percepatan Transformasi Layanan Kepegawaian yg di selenggarakan oleh BKN.

Diakhir penyampaiannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk dapat memangkas segala Proses Administrasi Kepegawaian, dimana tujuan juga untuk mengejar jumlah data dan target yg telah di tetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta penyerahan plakat dari Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si dan juga penyerahan plakat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si kepada Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si.

Kegiatan Pengarahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau berjalan aman, tertib, dan lancar. Siaran Pers tutur KasiPenkum Bambang Heripurwanto, SH., MH., (Supiyanto).

Pekanbaru, 07 September 2023