Diskes Rohil Launching Pencanangan Antigen Baru (HPV) dan (Rotavirus) Sekaligus Memberikan Imunisasi Kepada Siswa

Bagansiapiapi- UtamaPos.com Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Kesehatan menggelar Launching Pencanangan Antigen Baru (HPV) dan (Rotavirus) Secara Nasional, Di Aula Sekolah Perguruan Setia Budi, Rabu (9/8/2023) Bagansiapiapi.

Launching Pencanangan Antigen Baru ini di buka secara resmi staf  Ahli Firdaus, di tandai dengan pemberian vaksin secara simbolis kepada siswa SD Perguruan Setia Budi Khusus Kelas Lima.

Kegiatan ini juga di hadiri, Kadis Kesehatan Rohil Afridah, Camat Bangko Aspri Mulya, Kampus Bagansiapiapi Dr, Romi, Para ASN di lingkungan Diskes Rohil, Majelis guru serta Siswa Siswi perguruan Setia Budi Bagansiapiapi.

Dalam Sambutannya Firdaus menyampaikan Sehubungan dengan tingginya tingkat kematian pada bayi dan balita di Indonesia salah satunya di sebabkan penyakit diare, untuk itu perlunya upaya percepatan pemberian Imunisasi Rotavirus secara nasional di tahun 2023 ini.

Pemberian Imunisasi Rotavirus ini berdasarkan keputusan menteri kesehatan  Republik Indonesia tahun 2023.

“Pemberian imunisasi rotavirus (RV) secara nasional yang merupakan antigen baru yang sekarang di masukkan kedalam imunisasi rutin di tahun ini,” Katanya.

Selain itu lanjut firdaus, tingginya kanker leher rahim di Indonesia merupakan urutan pertama di Asia, sehingga Indonesia berkomitmen dalam mencapai target eliminasi kanker leher rahim (Kanker servik) tahun 20230.

“Untuk itu perlu langkah strategis untuk mempercepat pencegahan penyakit yang disebabkan oleh diare pada bayi dan balita serta kanker leher rahim dengan melaksanakan pemberian imunisasi Rotavirus dan HPV secara nasional khususnya di Rokan Hilir,”Jelasnya.

Firdaus juga berharap dengan adanya kerjasama lintas sektor dan lintas program serta melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan program pemberian imunisasi antigen baru ini demi mewujudkan generasi penerus yang sehat dan berkualitas.

“Berdasarkan data kasus penyakit maka mulai dari bulan Agustus 2023 ini akan diberikan imunisasi HPV dan Rotavirus secara nasional khususnya di kabupaten Rokan Hilir,” Pungkasnya.(Diskominfotiks)