Sambut Hut Rohil Yang Ke 24, Dinas Lingkungan Hidup Laksanakan Bakti Sosial Bersihkan Rumah Ibadah Dan Kuburan

Rokan Hilir- UtamaPos.com |Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke- 24,
Dinas Lingkungan Hidup Rohil melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya Bakti sosial membersihkan Rumah Ibadah dan Kuburan, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi SSos, Kamis (28/9/2023).

Kepala dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi SSos saat diwawancara menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke-24, yang mana dinas lingkungan hidup melakukan berbagai macam kegiatan bakti sosial dan lomba kebersihan antar pengawas di lingkungan Dlh Rohil.

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke- 24, kami dari dinas lingkungan hidup melakukan berbagai macam kegiatan, dan yang mana hari ini kami melakukan bakti sosial dengan membersihkan perkuburan muslim di 4 lokasi, yaitu di pusara Hilir Kepenghuluan bagan Jawa, kemudian perkuburan muslim Bagan punak, di pelabuhan baru kelurahan bagan barat, dan di Batu 7 labuhan tangga Hilir, dan untuk melakukan kegiatan ini Semua petugas kita sebar di 4 titik, dan hari ini kami berada di perkuburan pusara Hilir untuk memantau sekaligus melihat kondisi perkuburan di sini,” Jelas Suwandi.

Dan memang cukup memperhatikan, karena lokasinya ditumbuhi oleh rumput liar dan ilalang, serta banjir yang merendam kawasan ini.

Oleh karena itu,  kami dari dinas lingkungan hidup akan terus melanjutkan di minggu-minggu berikutnya, yang mana nantinya kami rencanakan setiap kamis kita akan melakukan gotong royong di perkuburan muslim ini.

Selain kegiatan ini, kami DLH juga melakukan pembersihan rumah ibadah yang dilakukan setiap hari Jumat,” tutur Suwandi.

Lanjut Suwandi, Jadi Untuk kegiatan bakti sosial pembersihan rumah ibadah, ini setiap Jumat kita perintahkan kepada seluruh pengawas yang lokasinya ada masjid, mushola dan rumah ibadah lainnya agar setiap hari Jumat membersihkan halaman dan juga di dalam masjid, dan kegiatan ini sudah lama kita lakukan dan sudah berjalan sekitar 6 bulan ini.

Yang kedua, kami juga mengadakan kegiatan lomba kebersihan lokasi pengawas se Kabupaten Rokan Hilir, Hal ini kami lakukan untuk memotivasi pengawasan petugas kita untuk mempercantik, memperindah dan mengelola lingkungan di lokasi masing-masing.

Dan Alhamdulillah, tim sudah turun dilokasi dilokasi untuk melakukan penilaian, dan nantinya akan kita umumkan pada saat Puncak perayaan hari jadi Kabupaten hilir, dan kami juga nanti akan membuat acara syukuran, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa beberapa minggu yang lalu kami mewakil Bupati Rohil untuk menerima piala dan piagam penghargaan dari pemerintah provinsi Riau yang diserahkan langsung oleh pak Gubernur Riau, dan  kita berhasil meraih predikat sebagai kota terbersih di provinsi Riau ini, ujar Suwandi.

Alhamdulillah ini untuk yang tahun kedua yang kita raih untuk penilaian kota bersih, insyaallah semua rangkaian acara ini nanti kita akan pusatkan di hutan Kota Bagansiapiapi, dan jika Pak Bupati berkenan kita akan undang beliau untuk syukuran sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang kita adakan nanti,” Imbuhnya Kadis DLH. (Supiyanto)