“Penghulu Bagan Jawa Lakukan Upaya Pelaksanaan Penyelenggaraan,” Tertip Administrasi Pemerintah Desa”

Pemerintahan, ROHIL99 Dilihat

Bagan Jawa- (UtamaPos.com) dalam upaya tertip administrasi kepenghuluan, Datin Penghulu Rina, S.Pd juga didampingi jajaran BPKep Bagan Jawa. Dalam acara tertip administrasi, Datin Penghulu menghadirkan beberapa Narasumber yakni dari, PEMDES, Kabag Hukum, Camat beserta rombongan. Juga dihadiri tamu undangan, ketua RT, RW, Kadus, tokoh agama dan unsur lainnya, acara dipusatkan dikantor Penghulu Bagan Jawa kamis 11/05/2023.

“Pentingnya Tertib Administrasi pada Pemerintahan Desa, Pemerintah desa merupakan penyelenggara pelayanan publik terkecil yang berhubungan langsung dengan masyarakat selaku penerima layanan.

Karenakan peran strategis pemerintah desa tersebut sehingga Pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Peraturan tersebut memberikan keleluasaan bagi desa untuk menjalankan local self governmen atau kewenangan penuh dalam mengatur rumah tangganya sendiri yang biasa disebut otonomi desa.

“Segala kewenangan dan tanggung jawab wajib dilakukan Pemerintah desa meliputi kegiatan atau penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa pembinaan sampai dengan pemberdayaan masyarakat desa.

Artinya,” peran Pemerintah desa sangat penting bagi masyarakat. Sehingga apabila pelaksanaan pemerintahan desa berjalan dengan baik, maka pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya pun dapat terwujud.

Pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya melalui administrasi. Bahwa administrasi dapat diartikan secara sempit sebagai melayani dan membantu serta kegiatan catat-mencatat atau clerical work. Namun, apabila dipahami secara luas, administrasi memiliki makna yang mendalam. Administrasi, proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

“Sehingga dalam penyelenggaraan Pemerintah desa diperlukan administrasi agar dapat mencapai tujuan atau setidaknya sesuai visi dan misi kepala desa pada saat pertama menjabat. Tanpa administrasi yang baik, mustahil tujuan pada pemerintahan desa dapat tercapai.

“Datin Penghulu Bagan Jawa Rina,S.Pd,” saat dikomfirmasi menjelaskan. Bahwa acara penyelenggaraan tertip administrasi ini kita dilakukan, wajib dilakukan agar administrasi kepenghuluan lebih baik lagi dan benar.

Kami juga pihak dari kepenghuluan, mengundang narasumber dari dinas PMD Rokan Hilir melalui kabid Sugianto, Kabag Hukum, juga dari pihak Kecamatan Aspry Mulya S.TP, Msi, juga didampingi Sekcam, pendamping Desa dari kecamatan Yoyon, dan pendamping desa kepenghuluan Bagan Jawa, Irwansyah, dalam acara ini papar Rina datin Penghulu.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, semoga ilmu yang sudah dituangkan, semoga bermanfaat untuk kita semua agar pemerintahan Desa Kepenghuluan Bagan Jawa ini, dalam arti kata, roda Pemerintahan kita lebih baik lagi tentang administrasi.

Kami juga berterima kasih kepada kita semua, terutama kepada tokoh pemuka masyarakat kita, tokoh agama, juga orang tua kita yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir, ditenggah-tenggah kita. Kami juga berterima kasih, kepada narasumber yang hadir, semoga pelaksanaan penyelenggaraan tertip administrasi desa ini, bermanfaat untuk kedepannya, agar administrasi desa kita lebih baik dari sebelumnya.

Dengan demikian,” kami Pemerintah kepenghuluan Bagan Jawa. Dengan adanya aturan-turunan tersebut dapat menjadi pedoman dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa. Selain itu, diiringi sosialisasi kepada masyarakat terkait administrasi Pemerintahan desa. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat memahami aturan main, terkait administrasi desa. Demi mendorong partisipasi dan kepercayaan masyarakat, papar Rina.

Supiyanto

Komentar