Lebak  

Pengerjaan Saluran Irigasi D.I Cikamunding 1 Desa Cikamunding diduga proyek siluman.

Lebak – Pembangunan saluran air irigasi pesawahan di Desa cikamunding tepatnya di kampung Pasir Peti, Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Dan diduga itu proyek siluman tanpa Papan Informasi Publik terpasang dan pengerjaan nya terkesan asal jadi. Selasa 9 mei 2023.

Proyek pembangunan irigasi di Kampung Pasir Peti Desa Cikamunding mendapatkan sorotan dari salah satu warga yang enggan disebut namanya, beliau mengatakan.

“Papan Informasi Publik tidak ada dilokasi pengerjaan irigasi. Pertanyaan kami (warga) ada apa dengan pembangunan tersebut dan sumber anggaran dari Dinas apa,” ucapnya.

Saat meninjau ke lokasi Sekretaris Ormas Persai Pembela Aspirasi Masyarakat (Perpam) DPD Lebak Selatan, Fery fadlani S.I.P., mengatakan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan informasi, diduga ini trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya dari mana.” ungkapnya.

Lanjut Sekertaris Ormas Perpam, hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak, serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.” Terang Fery Sekertaris Ormas Perpam DPD Lebak Selatan.

Pada hari Senin (8/5) sekira pukul 16.00 Wib, di lokasi pekerjaan irigasi tim awak media menemui Haris yang bertanggungjawab atas pekerjaan tersebut menurut penjelasan Mandor Sumar saat dihubungi lewat seluler Whats Appnya.

“Terkait proyek irigasi bukan tanggungjawab saya, tapi tanggung jawab Mandor Sumar,” Jelas Haris.

Sebelum kembali menjawab pertanyaan dari tim media, Haris lalu bergegas meninggalkan lokasi pekerjaan, alasannya ingin menemui Mandor Sumar.

Tim awak media sekira pukul 16.33 Wib pada Senin (8/5) berhasil menemui Mandor Sumar saat berada di bengkel motor di wilayah Cilograng dan langsung di cecar pertanyaan terkait proyek irigasi di Kampung Pasir Peti.

“Saya tidak tidak bisa menjelaskan berapa nilai pagu anggaran yang di bangun, silahkan tanya saja ke Dinas Provinsi,” ujarnya.

(Rudi/tri)