Pemdes desa gunung gede laksanakan (BIMTEK) ketahan pangan,dan edukasi terhadap warganya.

Lebak – warga Desa gunung gede kecamatan panggarangan Kabupaten lebak, mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) ketahanan pangan. Kegiatan edukasi terhadap warga itu, merupakan upaya Pemerintah Desa (Pemdes) desa gunung gede untuk mensukseskan program ketahanan pangan dan hewani di wilayahnya,dll.

Kepala Desa (Kades) gunung gede, “Samsudin” mengatakan, program ketahanan pangan dan hewani yang digagas pemerintah pusat ini, harus didukung oleh semua desa. Sehingga, program yang anggarannya dialokasikan didalam Dana Desa (DD) sebesar 20% persen, dapat terlaksana dengan sukses sesuai yang diinginkan pemerintah.

“Makanya warga yang masuk kedalam kelompok tani harus mengikuti kegiatan bimtek ini,” ujarnya kepada wartawan utamapos, dalam kegiatan Bimtek dikantor desa gunung gede.

menjelaskan, pentingnya Bimtek diberikan kepada warga yang merupakan para kelompok tani ini. Pasalnya, tidak semua kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan dari program ketahanan pangan dan hewani tersebut, menguasai bidang pertanian.

“Melalui Bimtek sekarang, para kelompok tani dapat melaksanakan program pemerintah dengan baik dan berkelanjutan,” paparnya.

Kepala desa “Samsudin”pun menjelaskan terkait kegiatan Bimtek dikantor desa gunung gede Alasannya, karena di Desa gunung gede ketahanan pangan itu,untuk mensejahterakan para kelompok tani khususnya warga desa gunung gede ini.

“Nantinya akan melaksanakan program ketahanan pangan dan hewani dengan menanam sayuran atau pertanian berbasis Hidroponik” jelasnya.

Untuk itu, yang menjadi narasumber dalam Bimtek dan sekaligus program ketahanan pangan di desanya, yakni pendamping desa, penyuluh pertanian.

Saya undang semuanya dan sekalian menjadi narasumber untuk peserta Bimtek.

Selain itu, kegiatan Bimtek dan program ketahanan pangan tersebut, dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) pangarangan serta Ketua BPD Desa gunung gede.

“Harapan saya dengan kegiatan ini, program ketahanan pangan dan hewani di Desa gunung gede, berdampak positif terhadap warga dalam hal perekonomian,”ungkapnya “samsudin”.kepala desa gunung gede

Bariah exbang kecamatan pangarangan,mengapresiasi kegiatan Bimtek yang dilakukan Pemdes kepada warga penerima bantuan program ketahanan pangan dan hewani.

Dirinya mengaku, melalui kegiatan yang dilaksanakan, warga menjadi lebih tahu cara bercocok tanam atau bertani sayuran yang sehat dan cepat panen tanpa harus menghabiskan lahan luas.

“Bertani sayuran dengan cara Hidroponik ternyata lebih cepat panen, tanpa harus menunggu waktu lama. Makanya bertani dengan cara Hidroponik di lakukan agar program ketahanan pangan didesa gunung gede bisa berkembang di Desa gunung gede. tukasnya.

“Deni setiawan” selaku perwakilan dari pertanian kecamatan pangarangan, kalau untuk bercocok tanam itu sangat dibutuhkan,karena mayoritas warga desa gunung gede bercocok tanam,karena lahan banyak yang kosong, bisa untuk digunakan demi mensejahtrakan rakyatnya. (Sahran)