Daerah  

Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir Luncurkan Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Digital

Rokan Hilir– | UtamaPos.com Untuk meningkatkan pelayanan dalam pengelolaan sampah di tengah tengah masyarakat, Dinas lingkungan hidup Kabupaten Rokan Hilir meluncurkan aplikasi pengelolaan sampah yang diberi nama” Apokesah”. Apokesah ini adalah sebuah aplikasi dimana masyarakat bisa memberikan laporan terhadap pengelolaan sampah yang ada di kabupaten Rokan hilir, hal ini disampaikan oleh kepala dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi SSos saat dikonfirmasi, Rabu (31/1/2024).

” Kami dari dinas lingkungan hidup Rohil sekali lagi ingin menyampaikan kepada masyarakat kabupaten Rokan Hilir bahwasanya saat ini kita sudah punya sebuah aplikasi yang kami beri nama Apokesah. Didalam aplikasi ini juga ada beberapa picture data jumlah pemulung, kemudian target dan garisasi penerimaan daerah,  retribusi pelayanan persampahan, jumlah angkutan armada yang kita miliki, kemudian TPA dan sebagainya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah,”Jelas Suwandi.

Lanjut Suwandi, Jadi dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat bisa berperan serta, artinya mungkin ada di suatu tempat daerah yang sampahnya tidak terkelola dengan baik, atau mungkin ada petugas kami yang alpa dan lalai dalam pengelolaan sampah mungkin bisa melaporkan melalui aplikasi ini.

” Insyaallah mungkin kami coba secara detail bersama Vendor kita supaya aplikasi ini bisa didownload melalui play store dan juga didownload di aplikasi aplikasi yang lainnya, sehingga masyarakat gampang dan mudah untuk menyampaikan laporan kepada kami dan juga bisa melihat informasi- informasi yang ada di dalam aplikasi ini,” Ujarnya.

Disamping itu Suwandi juga berharap kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah dilingkungan masing-masing, jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempat yang sudah di sediakan.

” Kita berharap kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah lingkungan perlu diperhatikan, karena penanganan sampah tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan seluruh partisipasi aktif dari seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan sampah dilingkungannya masing-masing,” Ujarnya.