Bupati Rohil Jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila

Daerah, Pemerintahan169 Dilihat

Rokan Hilir- UtamaPos.com |Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2023 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Sabtu (1/10/2023).

Dalam upacara hari kesaktian Pancasila tersebut, Bupati Rokan Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si secara langsung bertindak Inspektur upacara. Sementara pemimpin upacara dijabat oleh Pasi Ops Kodim 0321 Rohil Lettu Arh Yulisman.

Upacara hari kesaktian Pancasila yang mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” tersebut tampak dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Dandim 0321 Rohil diwakili Dan Unit Letda Inf S.M.Sitompul, perwakilan Polres Rohil, para Asisten, Kepala OPD, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T serta berbagai unsur lainnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, hari Kesaktian Pancasila adalah hari pengingat bagi kita, seluruh warga Indonesia, akan kuatnya ideologi yang sudah kita anut selama puluhan tahun ini.

Sejarah sebutnya, membuktikan bahwa tidak akan ada satupun hal yang bisa merobohkan Pancasila sebagai landasan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Ada begitu banyak peristiwa dan godaan yang ingin menggantikan posisi Pancasila, namun hingga saat ini, belum ada yang bisa menggeser kesaktiannya.

Hari ini juga pengingat bagi kita akan perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu dalam menjaga Pancasila. Mereka berkorban materi, raga bahkan nyawa hanya untuk memastikan keselamatan ideologi bangsa,” katanya.

Sekarang, sudah lebih dari lima dekade berlalu, tugas menjaga dan mengamalkan pancasila diteruskan kepada kita, pewaris ideologi bangsa. Tugas menjaga dan mengamalkan Pancasila tambahnya, bukan hanya diserahkan kepada pemerintah atau pihak berwajib, namun juga kepada seluruh rakyat Indonesia dimanapun ia berada.

Kita memang tidak lagi harus melawan musuh yang tampak, kita memang tidak lagi harus turun ke medan perang dengan membawa senjata. Musuh yang harus kita lawan saat ini adalah godaan untuk tidak mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila tersebut.

Kepada seluruh elemen dan masyarakat, mari kita amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam membangun wilayah yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Diskominfo/Supiyanto)

Komentar