Waduh!! Pemotongan Dana PIP dan Pengolektifan buku rekening Diduga Terjadi Kembali di SDN 4 Cidikit.

Waduh!! Pemotongan Dana PIP dan Pengolektifan buku rekening Diduga Terjadi Kembali di SDN 4 Cidikit.

Lebak – Pemotongan Dana KIP ( Kartu Indonesia Pintar )dan pengolektifan buku tabungan beserta pengambilan uang bantuan PIP Diduga telah dilakukan Oleh Oknum Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN 4 Cidikit),Desa Cidikit Kecamatan bayah Kabupaten Lebak provinsi banten.

Dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan sekolah, bagi peserta didik dalam bentuk uang tunai dari pemerintah untuk keluarga kurang mampu sehingga mengalami kesulitan untuk membiayai pendidikan yang akan di tempuh, baik perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi hingga pembiayaan untuk uji kompetensi.

Namun, pada kenyataannya masih ada oknum penyelenggara pendidikan, yang menyalahgunakan bantuan tersebut, demi kepentingan pribadi.

Berdasarkan hasil penelusuran, pemotongan dana PIP, Pareatif dan pengolektifan pengambilan dana bantuan PIP, serta buku rekening. Itu Terjadi di SDN 4 Cidikit Desa Cidikit, Kecamatan Bayah, Peserta Didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang seharusnya mendapatkan RP. 450. 000.itu malah kurang dengan alasan untuk biaya operasional.

Murid-murid Penerima PIP, Buku rekening,serta Sandi dimiliki pihak sekolah, dan untuk buku rekening dikumpulkan oleh pihak Sekolah dengan beralasan takut hilang.

Sehingga, semua orang tua siswa yang mendapatkan bantuan tersebut kurang tau keluar masuknya dana pencarian tersebut.

Hal tersebut diperkuat oleh pengakuan salah seorang wali murid yang mendapatkan dana PIP. yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, dengan sangat terpaksa, kami menyerahkan, buku tabungan kepihak sekolah,dan kalau nomor PIN itu pihak sekolah yang mengetahuinya,buku tabungan itu disekolah katanya takut hilang,dan terjadi atau berimbas kepada anaknya yang sedang menimba ilmu di SDN 4 Cidikit.

ItuPun Tanpa adanya sosialiasi terlebih dahulu, secara tiba – tiba, apa yang menjadi hak anak saya diminta dan dipotong sebesar 50.000 Rupiah untuk operasional” katanya di tempat kediamannya.

Hal yang serupa dikatakan, oleh salah seorang wali murid yang sama mendapatkan dana PIP, pihaknya sangat menyayangkan dengan apa yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah yang sudah menganggap orang tua siswa itu tidak tahu dengan peruntukan dana PIP.

Dikonfirmasi Oprator SDN 4 Cidikit terkait dana bantuan PIP mengatakan,iya klau Oprator saya tetapi yang mencairkan ada dewan guru yang dipercaya,adapun sesuatunya silahkan hubungi kepala sekolah karena yang tau segalanya kepala sekolah.ungkapnya.

Ditempat terpisah, kepala Sekolah SDN 4 Cidikit,”SAMAR KUSMAYADI” pada saat ditemui Dikantornya untuk dikonfirmasi, terkait permasalahan bantuan PIP tersebut, sedang tidak ada ditempat.Dan pihak wartawan masih berupaya untuk menghubungi via WhatsApp tetapi tidak ada jawaban.
Hingga berita ini Diterbitkan kepala sekolah tersebut belum bisa dihubungi.

Bersambung

(Sumantri/Rudi)