TAK HANYA SEKEDAR BAHAN PRESENTASI, DIREKTUR BUMNAG BALAI TENGGIH SIRUKAM APLIKASIKAN PENANAMAN PEPAYA CALLINA IPB DILAHAN NAGARI SIRUKAM

Sirukam, 19/09/2023- utamapos.com

Direktur Bumnag ( Badan Usaha Milik Nagari )Balai Tenggih Nagari Sirukam aplikasikan program penanaman pepaya Callina Ipb dilahan nagari Sirukam melalui kelompok tani . Program ini adalah salah satu dari sekian bahan presentasi yang meloloskan Bambang Widiarto sebagai direktur  Bumnag nagari Sirukam ketika mengikuti seleksi  beberapa bulan yang lalu. Hal ini menjadi daya tarik panitia seleksi ( pansel )  karena dinilai cukup baik dalam upaya peningkatkan ekonomi masyarakat petani.

“ide ini timbul dari banyaknya lahan tidur di nagari kita yang tidak termanfaatkan,kita berharap semakin banyak masyarakat yang menanam pepaya callina ini sebagai penambah penghasilan selain dari padi dan tanaman hasil bumi” tutur Bambang widiarto yang saat ini menjabat sebagai direktur Bumnag Balai tenggih nagari Sirukam.

Foto Direktur Bumnag lagi berselfie

 

Dilihat dari jenis dan varian bibit, Varietas Pepaya Callina merupakan varietas pepaya yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan ketinggian 100-500 meter di atas permukaan laut. Pepaya ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan pemulia Prof. Dr. Sriani Sujiprihati dan Tim. Varietas ini telah dilepas oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 26 Mei 2010. Buah pepaya Callina mempunyai bobot sekitar 1 kilogram per buah, berbentuk silindris, berukuran besar dengan panjang sekitar 23-24 cm dan diameter buah sekitar 9 cm. Ciri-ciri buah pepaya Callina yang lainnya adalah daging buahnya berwarna jingga dengan rasa manis dan kulit buah berwarna hijau lumut. Produktivitas varietas ini adalah 69 – 79 ton per hektar per 4 bulan.

Hadir dalam ceremonial penanaman yang dilaksanakan dilokasi ladang lado samping kantor BPP adalah camat payung sekaki HM. Epyardi, PD ( pendamping desa ), ketua BPN nagari Sirukam Syawalis, Ketua KAN nagari Sirukam Dulmarno Rj. Aceh, Kepala BPP payung sekaki Rosi Zurmi, SP,  KKN UMMY Solok, Wali nagari Sirukam Romi Febriandi, SP.d, Tokoh masyarakat, Bumnag dan jajarannya serta  kelompok tani Batang Lawas sebagai eksekutor kegiatan.

Foto Camat payung sekaki HM. Epyardi dilokasi

 

 

Kita akan dukung penuh segala ide dan pemikiran siapapun yang bisa memberikan efek baik terhadap kemajuan nagari sirukam, apalagi dizaman yang serba susah sekarang sangat dibutuhkan kreatifitas dalam peningkatan ekonomi,  Bumnag merupakan prioritas penggunaan dana desa ” tegas Romi Febriandi, SP.d .

Selain pepaya, nagari Sirukam saat ini juga viral dimedia sosial dengan adanya wisata jeruk petik sendiri yang patut kita kunjungi dihari libur keluarga. Lokasinya tak jauh dari pusat nagari Sirukam yang berada  ruas jalan Sirukam tigo lurah tepatnya direa perladangan kubu kambiang. Pengunjung tak akan merasa kemahalan karena haega yang ditawarkan berkisar Rp.15.000 sampai Rp.20.000 perkilonya. Kualitas rasa dan udara sejuk merupakan suguhan utama kebon jeruk yang dimiliki oleh Ratna Juita . Abd21

 

 

Komentar