SD 07 KASIAK KECAMATAN X KOTO SINGKARAK APLIKASIKAN P5 KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN VCO

Singkarak, Utamapos.com 20/07/2023.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim telah meluncurkan Kurikulum Merdeka dan telah digunakan oleh banyak sekolah di Indonesia. Sebelumnya, Kurikulum Merdeka dikenal sebagai Kurikulum Prototipe. Kurikulum Merdeka ini sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Selain itu, kurikulum ini juga telah diterapkan di 140.000 sekolah lainya. Konsep ini, dibuat agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing.

Selaras dengan hal itu, kurikulum merdeka juga sudah diaplikasikan dibeberapa sekolah di sumatera barat termasuk SD 07 kasiak nagari koto sani kecamatan X koto singkarak yang sudah dimulai di kelas I dan IV sejak tahun ajaran 2022.

Berkat kepiawaian  kreasi guru kelas IV sd 07 kasiak ( Ikhlas Gusrianti,S.Pd ), kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dilaksanakan dengan memilih  pengamatan  VCO ( virgin coconut Oil ) dengan cara merubah santan kelapa murni menjadi minyak sayur tanpa dimasak ataupun proses seperti biasanya dilakukan oleh masyarakat dan pabrik  umumnya.

 

Dalam kegiatan bersama siswa kelas IV, buk Las ( kerap disapa murid ) melakukan pengamatan proses VCO yang dimulai dari memisahkan santan dari kelapa, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan santan kedalam plastik yang didalamnya dimasukkan sebuah sedotan layaknya sekantong minuman yang siap untuk diminum dengan tujuan sedotan tersebut berguna untuk sirkulasi udara ketika santan disimpan dan digantung didalam plastik. Setelah santan dikemas dalam plastik kemudian santan digantung diluar ruangan diusahakan terkena sinar matahari selama satu sampai dua minggu.

Setelah dua minggu proses , akan terlihat pemisahan antara air dan minyak. Air dan ampas santan akan mengendap dibawah sedangkan minyak hasil proses VCO berada pada bagian atas.

 

Selain dari kegiatan belajar siswa, VCO ini juga bertujuan untuk menciptakan dan mewariskan  kerarifan lokal yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari oleh siswa, orang tua dan masyarakat.

Tingginya antusias siswa mengikuti proses ini diapresiasi  oleh kepala sekolah dan komite, serta orang tua wali murid SD 07. ” Kami akan support kegiatan ini secara terus menerus sebagai bentuk menjalankan amanah dari pusat mensukseskan kurikulum merdeka agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing” ucap Yurnaini.S.Pd.SD  Kepala sekolah SD 07 Kasiak. ABD 21