Polda Sumut fokus amankan jalur wisata saat liburan Tahun Baru 2024

Poldasu Sumut Fokus amankan jalur wisata saat liburan Tahun Baru 2024

Utamapos.comSumut/Berastagi-Awal tahun 2024, banyak warga masyarakat yang memilih menghabiskan masa liburan Natal dan Tahun Baru ke luar kota. Seperti ke Berastagi, Parapat dan kota-kota di seputaran Danau Toba.

Akibat dari banyaknya pengunjung yang menikmati pergantian tahun dan memasuki awal tahun 2024 di beberapa kawasan wisata jadi padat dan tingkat hunian hotel meningkat drastis.

Seperti diinformasikan dalam media sosial , Senin (1/1/2-24) netizen yang menikmati liburan menuju kota Berastagi terpaksa mengalami kemacetan panjang akibat dari lonjakan pengunjung untuk menikmati udara pegunungan Berastagi, Karo.

Banyak akun yang menginformasikan bahwa kemacetan panjang terjadi menjelang penatapan perbatasan Deli Serdang-Karo. Arus lalu lintas padat merayap dari arah Medan menuju Berastagi, demikian juga sebaliknya dari Berastagi menuju Medan.

Sebelumnya, diinformasikan bahwa Satlantas Polrestabes Medan, menyiagakan personel di sepanjang jalur Medan-Berastagi, pada libur pergantian tahun baru 2024.

Kasat Lantas Polrestabes Medan, Kompol Andika Temanta Purba, mengatakan, penyiagaan personel ini dilakukan untuk melakukan pengamanan arus lalulintas. Personel sudah disiagakan mulai dari kawasan Simpang Selayang, Tanjakan Tirtanadi Sibolangit, depan Hill Park, tikungan amoi hingga perbatasan Deli Serdang-Tanah Karo.

“Alat berat, mobil derek, mesin pemotong kayu, juga disiagakan bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di duga,” katanya.

Untuk memperlancar arus lalulintas di libur pergantian tahun, lanjutnya pihaknya juga melakukan pelarangan sementara bagi truk besar yang ingin melintas di jalur wisata Medan – Berastagi.

Satlantas Polrestabes Medan juga mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati dalam berkendara, mematuhi aturan lalu lintas dan tidak mendahului di daerah larangan mendahului.

Reporter Sumut christianus Surbakti