PLTA Koto Panjang Akan Buka Pintu Waduk, Begini Tanggapan Ketua Umum Aliansi Pejuang Tanah Melayu Riau (APTMR) juga Dewan Penasehat MAPEL

PLTA Koto Panjang Akan Buka Pintu Waduk, Begini Tanggapan Ketua Umum Aliansi Pejuang Tanah Melayu Riau (APTMR) juga Dewan Penasehat MAPEL

Pekanbaru Utamapos.com. Tingginya intensitas curah hujan membuat air masuk di waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau cukup tinggi, dan adanya kenaikan inflow waduk yang menyebabkan kenaikan elevasi waduk PLTA yang terbilang signifikan.

Dimana evaluasi waduk PLTA Koto panjang saat ini berada pada posisi 83.05, inflow terpantau melebihi 1000 m³/s. Inflow terpantau mengalami peningkatan cukup signifikan.

Atas kondisi itu, masyarakat yang beraktivitas di aliran sungai Kampar diminta untuk tetap waspada dan Hati-hati. Untuk pembukaan pintu pelimpah air (spillway gate) akan di lakukan pada elevasi waduk 83.05 dengan inflow 1000³/s.

Ketua Umum Aliansi Pejuang Tanah Melayu Riau (APTMR) sekaligus juga Dewan Penasehat Masyarakat Pelestari Lingkungan (MAPEL), Alex Coboy mengatakan: “Apakah pihak PLTA sudah melakukan SOP nya dengan benar, apakah sudah mempertimbangkan bagi masyarakat yg tinggal di sekitar aliran sungai dan juga apa pihak PLTA sudah juga melakukan koordinasi dulu dengan pihak-pihak pemerintah terkait, jadi saya selaku ketua umum ALIANSI PEJUANG TANAH MELAYU RIAU (APTMR) & juga dewan penasehat MAPEL (masyarakat pelestari lingkungan) berharap PLTA juga mempertimbangkan dampak-dampak dari di buka nya pintu air dengan kebaikan permukaan sungai mencapai 20 -30 cm, sesuai dengan surat pemberitahuan dr PLN Nusantara power” Jumat (24/11/2023).