Perusahaan tambang pasir kuarsa diblok nagrak desa Bayah barat diduga cemari sungai cimadur.

Lebak -kondisi air sungai di Desa bayah barat Kecamatan bayah berubah keruh coklat pekat. Diduga kuat berubahnya warna air sungai tersebut akibat tercemar limbah pencucian pasir kuarsa yang beroperasi di sekitar blok Nagrak sehingga mengalir kesungai cimadur.

Pantauan awak media dilapangan limbah pasir kuarsa terlihat mengalir dari salah satu kali kecil blok nagrak yang terhubung dengan  pencucian pasir kuarsa. Air yang keluar dari kali kecik tersebut langsung turun ke sungai cimadur.

Sehingga sungai tersebut kondisinya berubah keruh warna coklat pekat kerap terjadi ketika perusahaan tersebut mencuci pasir kuarsa, Perubahan warna air itu mendadak coklat pekat, padahal tidak sedang turun hujan.

Pencemaran sungai tersebut akibat pencucian pasir kuarsa di Desa Bayah barat Kecamatan Bayah kabupaten Lebak provinsi Banten. yang tak jauh dari aliran sungai cimadur.

Dikonfirmasi bagian produksi feri mengatakan”kalau pencucian tersebut sudah kita bikinkan kobak besar supaya Ari limbah cucian pasir tersebut tidak keruh biar jernih lagi, bapak silahkan hubungi bagian humas saya karena itu bagianya humas.ungkap feri.

Dikonfirmasi bagian humasnya perusahaan pasir kuarsa berinisial (C)sebetulnya saya bukan siapa- siapa dari perusahaan tersebut, itu alibi feri aja,sebetulnya semuanya itu dia yang bertanggung jawab, jangan malah menyuruh menemui saya,karena sebetulnya saya hanya untuk membersihkan jalan ketika mobil pengangkut pasir keluar kelur.

Pada intinya kalu menurut saya dialah yang harus bertanggung jawab jangan malah melempar pembicaraan untuk menemui saya karena diperusahaan tersebut dialah yang tanggung jawab,silahkan bapak hubungi feri lagi pak biar klir permasalahan ini.tandesnya (C).

Dinas Lingkungan Hidup(DLH) kabupaten Lebak segera mengambil langkah dengan yang tegas kalau pun perusahaan tersebut mengantongi ijin akan tetapi harus dipikirkan dampaknya pencemaran lingkungan sungai cimadur,aktivitas pencucian pasir kuarsa tersebut sangat lah mencemari sungai. 

hasil konfirmasi wartwan terhadap pihak pengusaha terhadap feri bagian produksi pasir kuarsa, menurut dirina tidak ada,Ari keruh yang mengalir ke sungai cimadur,tetapi pakata dilapangan aliran air pencucian pasir kuarsa dari perusahaan yang lagi produksi
Ternyata mengalirkan air yang coklat pekat mengalir dari kali blok Nagrak kesunagi cimadur.(Rudi/Sahran).