Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) adakan Mudik gratis 2024

Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) adakan Mudik gratis 2024

Utamapos.com Sumut/Belawan– Kegiatan Arus Balik Perayaan Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Bandar Deli Belawan dimulai pada Rabu (3/1/2024).

Kepala PT Pelni Cabang Medan, Biwa Abi Laksana mengatakan, arus balik Tahun Baru 2024 akan dimulai hari Rabu(3/1/2024), dan memprediksi akan menurunkan penumpang dari Pelabuhan Batam menurut estimasi sekitar 3.000 penumpang.

“Kami memprediksi puncak arus balik pada libur Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Belawan akan terjadi pada Jumat (7/1/2024),” ucapnya, Selasa (2/1/2024).

Setelah arus balik ini, PT Pelni akan mengadakan kegiatan mudik gratis, yang akan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

Kegiatan mudik gratis tersebut akan dilaksanakan pada 6 sampai 7 Januari 2024, dengan menggunakan Kapal KM Kelud dan KM Dorolonda.

“Mudik gratis ini adalah suatu upaya kami bekerja sama dengan Kemenhub RI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menaiki kapal KM Kelud dan berlibur ke Batam namun terkendala biaya,” ucap Biwa.

Untuk kuota Kapal Kelud jurusan Belawan Batam disediakan kuota sebanyak 682, dan berangkat pada tanggal 6 Januari 2024 sedangkan untuk Kapal Dorolonda Jurusan Belasan Batam disediakan kuota sebanyak 682 dan berangkat pada tanggal 7 Januari 2024.

Dan bagi masyarakat yang ingin mendaftar mudik gratis dengan menggunakan Kapal Kelud dan Dorolonda wilayah Sumatera Utara segera mendaftarkan diri dengan syarat usia minimal 58 tahun, pelajar atau mahasiswa dengan menunjukan kartu tanda pelajar maupun kartu tanda mahasiswa, keluarga tidak mampu dengan menunjukan surat keterangan tidak mampu dari kepala RT setempat.

Kemudian Jumlah peserta maksimal dalam satu keluarga adalah 4 orang yang terdiri dari 2 orang dewasa dan dua orang anak-anak, dan pendaftaran dapat dilakukan dengan mendatangi loket atau layanan Kantor Pelni Cabang Medan di Jalan Gunung Krakatau No.17 A, Medan.

“Semoga dengan adanya kegiatan mudik gratis ini, kita dapat membantu masyarakat yang ingin berlibur ke Batam dengan menggunakan Kapal KM Kelud maupun Kapal KM Dorolonda,” ucap Biwa.

Reporter Sumut Christianus Surbakti