Musyawarah Rencana Pembangunan Kepenghuluan (Musrenbangkep) Kepenghuluan Bagan Jawa Anggaran Tahun 2024

Bagan Jawa– | UtamaPos.com |Selasa 16 januari 2024. Dalam acara Musrenbang Kepenghuluan Bagan Jawa dipimpin langsung Datuk Penghulu Bagan Jawa. Turut hadir dalam acara tersebut : Camat Bangko diwakili staf Kecamatan, Ketua BPKep Kepenghuluan Bagan Jawa Zamri beserta jajaran, Ketua LPM, Babin Kantimmas Bagan Jawa, Kepala Dusun sekepenghuluan Bagan Jawa, juga hadir Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa, Pendamping Lokal, Perangkat Desa, Ketua RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan unsur lainnya.

Dalam sambutan Penghulu Bagan Jawa, Safri menyampaikan dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara Musrenbang ditahun 2024. Sumber pendapatan belanja desa Kepenghuluan Bagan Jawa sebesar 1, milyar 90 juta rupiah dana bersumber dari APBD kabupaten Rokan Hilir.

Penghulu Bagan Jawa juga menegaskan tata cara pengunaan dana desa dan digunakan pada sekala prolitas dan sangat prolitas dan kita gunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat Bagan Jawa, ditahun 2024 ini Kepenghuluan Bagan Jawa mendapatkan kenaikkan anggaran 90 juta rupiah dari tahun sebelumnya, papar Safri.

Untuk itu,” dana desa pada tahun ini, kita fokus pada pembangunan desa, dimana disetiap tempat masih banyak yang harus kita bangun akses jalan dilingkungan masyarakat kita yang terutama sekali Saya sendiri sudah melakukan surpey dan berkeliling diseputaran Bagan Jawa masih banyak yang harus kita banggun, apa lagi dimusim hujan banyak jalan-jalan di kepenghuluan Bagan Jawa ini terendam air untuk itu saya berharap kepada kita semua kepada ketua RT, RW, Kepala Dusun beserta masyarakat mari sama- sama kita membangun desa kita bersekala prolitas, dan yang mana sangat dibutuhkan masyarakat itu yang paling kita utamakan, pintanya.

Selain itu, Penghulu Bagan Jawa juga menyarankan kepada seluruh ketua RT, RW, juga kepada Kepala dusun yang hadir, mari kita sama-sama turun kelapangan melihat titik pembangunan yang diusulkan untuk pembangunan dilingkungan Bagan jawa, yang mana sifatnya prolitas itu yang terutama kita banggun, tuturnya.

Selain itu, Penghulu juga menyampaikan kepada seluruh aparat desa yang hadir dalam acara Musrenbang, terkait bantuan BLT Dana Desa, pada tahun ini 2024 data yang ada kita revisi ulang kembali, yang paling kita utamakan masyarakat yang tidak mampu dimana masyarakat kita benar- benar layak menerima bantuan tersebut, ujarnya.

Selain bantuan tunai (BLT) Penghulu juga menyampaikan tentang sandang pangan ditahun 2024 mendapatkan kenaikan mencapai 25%. Maka dari itu penghulu bangan jawa menegaskan kepada kelompok ternak dan pertanian yang ada di kepenghuluan Bagan Jawa, agar memasang papan plang kelompok di depan agar dapat kita ketahui bersama, dimana saja kelompok masyarakat berada dibangan jawa, tegasnya.

Yang terakhir, program stanting Program sektor prolitas didesa melalui modal UMD desa bersama. Selanjutnya untuk pembangunan saya mohon kepada bapak- bapak yang hadir agar pembangunan prolitas dan sangat prolitas harapan saya jangan yang tidak prolitas kita bangun, jalan itu penting utamakan jalan yang ada rumahnya yang terdampak banjir itu utama kita bangun, jangan yang tidak prolitas yang kita bangun.

Insya Allah dana desa ini kita gunakan untuk pembangunan desa Bagan Jawa kapan lagi desa kita ini bisa maju, ini lah saatnya memajukan desa kita, mulai hari ini mari kita sama-sama melakukan perubahan mari kita sama-sama turun kelapangan dimana tempat yang mau dibangun kita pangil RT, RW, Dusun kita panggil masyarakat apa yang mau kita bangun sekaprolitas kita libatkan masyarakat, jika prolitas kita bangun langsung sesuai harapan masyarakat.

Demikian sambutan saya hari ini jika ada hilap dan salah saya dalam penyampai dan paparan saya hari ini mohon maaf atas kekuran saya, mari sama-sama kita membangun desa kita dan sebagai contoh desa yang maju, tutur Safri Penghulu Bagan Jawa.

Selain itu, sambutan Ketua BPKep Kepenghuluan Bagan Jawa Zamri menyampaikan, Alhamdulillah Puji sukur Kehadirat Allah pada kesempatan ini kita kita pada hari ini diberikan rahmat dan hidayah pada hari ini selasa 2024 tepatnya hari selasa kita dalam rangka Musyawarah Rencana Pembangunan Kepenghuluan Bagan Jawa Anggaran Tahun 2024.

Dalam kesempatan ini, ditahun 2024 desa Kepenghuluan Bagan Jawa hari ini kita membahas APBKep murni tahap pertama, dan membahas berbagai kegiatan yang akan kita selenggarakan berikutnya. Pada tahun ini desa kita mendapatkan kenaikan anggaran APBkep memelalui dana APBD daerah sebesar 1. 90 juta rupiah tahun sebelumnya kita mendapatkan dana ADK sekitar 900 juta Rupiah. Alhamdulillah ditahun ini kita memperoleh kenaikan anggaran 200 juta lebih.

Tentunya kita sebagai masyarakat Bagan Jawa merasa bangga, terutama kepada Pemerintah kita sudah memberikan perhatian khusus kepada Bagan Jawa yang kita cintai ini. Mari kita mengucapkan puji dan sukur kita kepada Allah SWT. pada kesempatan ini mudah mudahan kita semua diberikan kemudahan dalam melaksana aktifitas yang ada didesa kita ini.

Apa yang disampaikan datuk Penguhulu yang sama-sama sudah kita dengarkan bersama, pembangunan itu harus pada dasarnya pembangunan itu harus bersekala prolitas dan terlepas dari kepentingan pribadi.

Untuk ketahanan pangan kita mendapatkan 25 persen, jadi biasanya kelompok yang ada 10 kelompok pada tahun ini naik kita buat 12 kelompok menyesuaikan anggaran yang ada dibulan maret nanti, kelompok yang ada harus ada laporannya kepada kami dikepenghuluan, tegas Zamri.

Kalau kelompok yang tidak berhasil bantuan ini kita berikan kepada yang lain maupun kelompok yang baru, ucapnya.

Untuk bantuan BLT ditahun ini kita lakukan pendataan ulang kembali, dan kita sama-sama evaluasi kembali, agar bagi penerimanya tepat sasaran terutama kepada masyarakat kurang mampu. Kemudian disitu ada yang sudah meninggal ini yang kita evalusi kembali, karena keluarga mewakili ada yang mampu jadi tidak tepat sasarannya. Untuk itu kita berikan kepada masyarakat kurang mampu dan sama-sama kita mendata ulang dan sama- sama kita turun kelapangan, ucapnya.

Selain itu, untuk dana APBkep murni tahap perna 400 juta lebih dari 1.90 juta rupiah insya Allah yang akan kita ajukan permohonannya. Insya Allah mari kita sama-sama pihak kepenghuluan berkerjasama yang baik agar kegiatan didesa kita ini berjalan dengan lancar, ini harapan kita bersama demi mensejahrakan masyarakat, dan mari sama-sama kita bangun Kepenghuluan Bagan Jawa ini tutur BPKep.

Dalam kesempatan yang sama, dalam acara Musrenbang Kepenghuluan Bagan Jawa, pendamping Kecamatan Yoyon juga memberikan sambutan. Selamat datang Datuk Penghulu Bagan Jawa ini lah desa kami, mudah- mudahan desa Bagan Jawa lebih baik lagi kedepannya.

Yang pertama sekali yang sama-sama kita hormati pimpinan desa Kepenghuluan Bagan Jawa berserta jajaran, juga kepada tokoh Masyarakat, alim ulama, ketua RT, ketua RW, Kepada Dusun yang kita bangkan dalam acara Musrenbang ditahun 2024 ini.

Alhamdulillah ditahun 2024 ini saya masih dipertahankan dan masih diberikan kesempatan sebagai pendamping dikecamatan Bangko dan sebagai Kordinator sekecamatan bangko. Alhamdulillah pada tahun ini pendamping desa Kepenghuluan Bagan Jawa Ibu Fatimah ditugaskan sebagai pendamping Bagan jawa, ditahun sebelumnya bertugas sebagai pendamping desa Bagan Jawa saudara kita Irwansyah, saat ini beliau pindah menjadi pendamping desa Bagan senembah.

Pada hari ini kita melakukan Musrenbang tingkat kepenghuluan juga menampung aspirasi masyarakat Bagan Jawa, baru nanti kita mengada Musrenbang tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten. Semua kegiatan yang ada akan di pilah pilahkan, dimana kegiantan desa dan mana kegitan yang dikerjakan di Kabupaten.

Kalau saya salah tolong berikan saya masukan dan beri saya nasehat bapak ibu sekalian. Harapan kita semua kedepannya kepada Datuk Penghulu dan kepada Ketua BPKep mari kita bekerja sama, kalau saya memandang masih banyak yang bekepentingan pribadi dibagan Jawa ini, tegasnya.

Jadi kedepannya, kalau ingin desa ini maju Penghulu dan BPKep bekerjasama, harapan saya hilangkan terlebih dahulu kepentingan pribadi, kalau bisa kita menghilangkan kepentingan bagan jawa lebih sukses dari tahun- tahun sebumnya, itu yang kita harapkan semua, penghulu tidak ada kepentingan BPKep juga tidak ada kepentingan, apa yang kita harapan didesa ini dari hasil musyawarah dan mufakat itu yang pertama kami tekan menurut kami. Apa lagi kami selaku pendamping juga tidak boleh punya kepentingan didesa, tegas yoyon.

Dan saya selaku kordinator kecamatan juga memberikan nasehat kepada anggota saya yang bertugas menjadi pendamping desa, jangan ada yang berkepentingan pribadi didesa itu sudah saya tekan kepada pendamping desa, saya berkali-kali menyampaikan kepada pendamping tidak boleh menjadi konsultan didesa, tidak boleh meminta kegiatan didesa, tidak boleh meminta uang didesa itu sudah saya tekan sebelum menjadi pendamping desa. Untuk kedepannya harapan saya hindari terlebih dahulu kepentingan pribadi.

Yang terakhir prolitas pengunaan dana desa ditahun 2024 adalah hampir sama ditahun 2023. Dimana disitu masih ada bantuan BLT maksimal 25% masih ada ketahan pangan 25% oprasional desa 3% Alhamdulillah Bagan Jawa ada tambahan dana desa 90 juta rupiah prosesnya mungkin depannya pada hari ini kita melaku Musrenbang untuk menetapkan dan menampung aspirasi masyarakat yang akan kita usulkan ditingkat Kabupaten. Tutup yoyon. (Supiyanto)