Melirik Keunikan Budaya Gotong Royong Masyarakat Jorong Limo Ninik Nagari Koto Sani Kabupaten Solok

Koto Sani , 27/01/2024 – Utamapos.com

Siapa yang tidak kenal Gulai kambing..?Ya…itulah masakan khas hidangan pesta di provinsi Sumatera Barat dengan paduan bumbu dan rempah asli. Bawang merah, bawang putih, bawang daun, jahe, lengkuas, kunyit, daun sereh, daun jeruk, daun salam,  santan serta campuran bumbu ACC yang sudah begitu terkenal menjadikan hidangan ini begitu sulit untuk dilupakan.

Proses pembuatannya tidaklah begitu sulit, jika anda datang mengamatinya satu kali saja, yakin bisa mempraktekkannya dirumah.

Penumisan bumbu gulai kambing oleh pakcun dan kru

Pak cun adalah ahli masak dinagari Koto Sani yang sudah mempunyai jam terbang tinggi dalam memasak kambing yang keahliannya banyak membantu masyarakat jika ada yang mengadakan pesta.

Keahlian ini didapat secara turun temurun dari mak Saminggi rahimullah.Dalam bekerja, pak Cun mempunyai tim yang berjumlah be beberapa orang  tergantung dari banyak atau tidaknya daging yang akan dimasak. Mereka bekerja secara gotong royong dan tidak mengharapkan upah sepeserpun.

Yang lebih unik lagi  mulai penyemblihan , membilas , memasak sampai menjadi hidangan pesta tak satupun kaum ibu yang ambil peran proses tersebut. Alhasil kaum perempuan bisa berkesempatan untuk berjibaku mengerjakan pekerjaan lain.

Setelah proses memasak selesai, semua “kru masak” secara bersamaan menikmati hasil masakan sebagai bentuk mencicipi yang kerap disebut “Makan di Karan”, apakah masakan sudah “raso garam ” atau belum.  Anda ingin belajar memasak dan melihat seberapa nilai gotong royong didaerah ini…? Mari berkunjung ke jorong Limo Ninik nagari Koto Sani kecamatan X Koto singkarak kabupaten Solok Sumatera Barat. ( Abd21 )