“Masyarakat Desa Terang Bulan Kabupaten Labura Memohon Keadilan”

"Masyarakat Desa Terang Bulan Kabupaten Labuhanbatu Memohon Keadilan"

Utamapos.com Sumut/ Labura – PT.TAN (Tari Agro Nabati) di desa Terang Bulan Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara diduga melakukan pencemaran lingkungan : berupa limbah cair yang bau menyengat beserta polusi udara asap yang di hasilkan dari boiler.

Berdasarkan keterangan Narasumber : Ahmadi  Munthe ( masyarakat ), Ia telah mencoba berusaha menemui pihak manajemen perusahaan PT.TAN besama Team Media  kabupaten Labuhan batu  utara agar mencari solusi dan tidak lagi melakukan pembuangan limbah cair di kebun tempat nya, karena sangat meresahkan dirinya yang terdampak secara langsung, dimana air limbah tersebut menggenang di kebun miliknya dan saudaranya.(13/1/24)

Namun usahanya untuk bertemu dengan pihak manager dan KTU (kepala tata usaha) PT TAN ( Tari Agro Nabati) tersebut di halangi oleh petugas keamanan ( security ).Ia tidak di izinkan untuk masuk dan bertemu pihak management  (terkesan mengusir).

Ahmadi juga mengatakan PT.TAN (Tari Agro Nabati) membuang air limbahnya dengan cara sembunyi-sembuyi ” agar tidak di ketahui warga “( Masyarakat), biasanya dilakukan saat larut malam (dini hari) , saat masyarakat sedang melakukan istirahat  (tidur).Ucap nya

“Ada   buktinya   pak, Saat kami hendak istirahat , waktu hujan lebat di situlah kesempatan   mereka   membuang limbah. Dan itu sudah sering saya lihat. limbah itu langsung di pinggir jalan, biasanya ber aroma bau menyengat dan berasap.” Tegas Ahmadi.

Ahmadi Memohon dan Berharap kepada Bapak Bupati Kabupaten Labuhan Batu Utara, Bapak HENDRY  YANTO  SITORUS, SE. , Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan IBU Dr. Ir. SITI NURBAYA BAKAR, MSC dan Kadis Lingkungan Hidup SUMUT Dr. Ir. BINSAR SITUMORANG, M, AP., MSi. agar memberikan sanksi yang tegas terhadap PT. TAN (TARI AGRO NABATI) yang diduga telah melakukan Pencemaran Lingkungan. karena akibat dari limbah yang mereka buang akan berdampak bagi kesehatan masyarakat sekitar ,Tutup nya.

Saat awak media  mencoba melakukan konfirmasi ke perusahaan PT . TAN (TARI AGRO NABATI). Bapak  Jhoni   Tanoto selaku  Manager, tampak menghindar dan pergi menggunakan mobil pribadinya.Bahkan Saat di konfirmasi via Telepon seluler Bapak Jhoni  Tanoto juga tidak merespon sehingga  berita  ini harus di naikkan di meja redaksi.

(Team Sumut)