KETUA UMUM DEKRANAS BUKA PENINGKATAN KOMPETENSI UMKM KRIYA DI  KABUPATEN SOLOK

 

Panyakalan 20 Juli 2023, Utamapos.com Bertempat di Nagari Panyakalan Kabupaten Solok, ketua  umum Dekranas Hj.Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin buka acara Peningkatan Kompetensi Umkm Kriya Kabupaten Solok.

Kedatangan Ketua Umum Dekranas disambut meriah dengan tari pasambahandan  arak-arakan bajamba khas Minangkabau yang menampilkan adat serta kuliner tradisional sebanyak 377 bundo kanduang dari 7 Nagari di Kabupaten Solok diantaranya Nagari Cupak 36 orang, Nagari Bukit tandang 59 orang,  Nagari Talang 69 orang, Nagari Panyakalan 56 orang, Nagari Koto gadang guguak 33 orang, Nagari Koto Baru 74 orang serta Nagari Selayo 50 orang.

Hadir pada kesempatan tersebut jajaran pengurus Dekranas, yaitu Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Sri Suparni Bahlil, Ketua Bidang Wirausaha Baru Endang Budi Karya, Ketua Bidang Pendanaan Elizabeth Thohir, Ketua Bidang Daya Saing Soraya Zulkifli, Sekretaris Jenderal Dekranas Reni Yanita, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BPKM Yuliot, Ketua Dekranasda Prov. Sumatera Barat Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua Dekranas Prov. Sumatera Barat Fitria Amalia Audy.

Selanjutnya Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kabupaten Solok, Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, Rektor ISI Padang Panjang Febri Yulika, Ketua Dekranasda Kab. Solok Emiko Epyardi Asda, Sekretaris Daerah Kab. Solok Medison, Para Asisten Bupati Solok, Para Staf Ahli Bupati Solok, Para Kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD, Ketua Organisasi Wanita, Camat, Walinagari, Tokoh-tokoh Masyarakat, Para Pelaku UMKM Se-Kabupaten Solok.

Mengawali  sambutannya sebagai tuan rumah, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar dalam sekapur sirihnya menyampaikan bahwa rasa bangga dan terima kasih atas kunjungan Ketua Umum Dekranas  Kabupaten Solok serta rombongan juga terima kasih kepada ibuk LISA yang sudah berhasil  membawa  Ketua Umum Dekranas untuk bisa datang ke Kabupaten Solok. Lanjut Bupati menyampaikan potensi daerah yang tidak kalah daya saing dengan Kabupaten lain di Indonesia wisata , pertanian serta UMKM . Kami mempunyai lima Danau yang patut dijadikan potensi wisata dan “ Bukik Cambai “ sebagai salah satu destinasi diiklim holtikultura. Kami  siap menerima investor yang ingin berinvestasi di Solok, rasanyankamimingin membawa ibuk Dekranas Pusat menikmati keindahan  danau kembar, tapi rasanya tidak mngkin karena ada protokoler yang harus ditaati. Kami bertekad untuk menjadi Kabupaten terbaik di Sumatera Barat dan bahkan nendapatkan nilai tertinggi di Indonesia “ujar Bupati.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Ketua Dekranas Sumatera barat Ny.Harnely Mahyeldi menyampaikan dalam sambutannya bahwa produk kriya Sumatera Barat sudah dipasarkan dan dipakai oleh  Mentri Kabinet Indonesia maju dan berharap momentum ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM Kabupaten solok.

Pada acara puncak pembukaan Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya, Ketua Umum Dekranas menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga karena telah disambut oleh bundo kanduang semeriah mungkin, .

Ibuk Hj.Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin menekankan UMKM sudah memberikan kemajuan yang  signifikan,namun tantangan semakin beragam dan komplek, Kreatifitas merupakan strategi menciptakan produk baru.Umkm kria dapat menciptakan produk menarik dan bernilai tinggi dan inovasi moderen .Kita dapat menghadapi tantangn zaman dg berbagai inovasi.dan dapat mewariskan kebudayaan bangsa dan bisa dikenal dunia.Indonesia memiliki warisan budaya yg bermakna dan beragam.melalui kolaborasi dekranas,pemerintah dengan ,masyarakat yang dapat menciptakan situasi kondusif disektor kriya.

Aprsesiasi setingginya untuk pengembangan sektor kria dan telah membawa keindahan bangsa ini.Teruslah berkreasi dan berinovasi.Mari bersama dalam menumbuhkan kreatifitas dan inovasi demi kemakmuran masyarakat Indonesia, ucap Ibu HJ.Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin.

Tepat jam 12.18 WIB  pemukulan gong pelatihan kriya UMKM kab solok di laksanakan oleh Ketua Umum Dekranas tandanya secara resmi acara “ Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya “ Kabupaten Solok resmi dibuka.

Setelah selesai acara pembukaan , rombongan langsung diarak menuju Rumah Pintar Batik Nagari Panyakalan untuk dijamu makan bajamba dan disambut dengan penampilan Silat Tapak Suci serta Sambung Ayat Rumah tahfiz .ABD21

Komentar