Kabupaten Solok “Bangkit”, Festival 5 Danau Masuk Top 100 Kharisma Event Nusantara ( KEN )

Arosuka, Kabupaten Solok-Utamapos.com

Dilansir dari PRnewspresisi.com,  perkembangan wisata kabupaten Solok mengalami peningkatan, ditahun 2024 Festival 5 Danau (F5D) yang merupakan event andalan Kabupaten Solok masuk dalam Top 100 Karisma Even Nusantara (KEN).

Bahkan penobatan Festival 5 Danau untuk masuk Kalender Nasional 100 KEN 2024 itu telah diluncurkan secara resmi oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Uno di Gedung Sasono Langen Budoyo, TMII Jakarta.

Hal ini membuktikan masuknya F5D Kabupaten Solok selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan, tentunya ini tidak lepas dari kekayaan alam dan sistem pengelolaannya.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Fathnaini Aisyah mengatakan, Karisma Even Nasional (KEN) merupakan program strategis Kemenparekraf RI dalam mendukung dan mengembangkan even-even di Indonesia yang telah sukses diselenggarakan sejak tahun 2021.

“Ini tentunya dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan, “ucapnya pada Senin (29/1/2024).

Dijelaskan pada tahun 2023, terdapat 252 even daerah yang dikurasi, dan even yang masuk dalam KEN tahun 2024 hanya 110 even. Dari angka tersebut ada Top 10 dan Top 100, yang mana salah satunya adalah Festival 5 Danau Kabupaten Solok disusul 5 even lainnya yang juga lolos KEN untuk Sumatera Barat yang merupakan provinsi terbanyak lolos dalam KEN 2024, “ujarnya.

Danau diatas salah satu dari 5 danau dikabupaten Solok

 

Adapun Kabupaten dan Kota yang masuk dalam KEN yakni Festival 5 Danau (Kabupaten Solok), Hoyak Tabuik Pariaman (Kota Pariaman), Rang Solok Baralek Gadang (Kota Solok), Sissca (Kota Sawahlunto), Botuang Festival (Kota Payakumbuh) dan Festival Minangkabau (Kabupaten Tanah Datar).

Sementara itu Plh. Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Komang Ayu Astiti, mengatakan 110 iven yang terangkum dalam KEN 2024 tersebar di seluruh provinsi tanah air

Event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah, “tutur Komang.

Diharapkan penyelenggaraan KEN 2024 menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu khususnya untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Karenanya kami mendorong agar pemerintah daerah dapat memetakan media sosial untuk memaksimalkan promosi secara digital agar cakupnnya (promosi) lebih luas, sehingga iven-iven ini menjadi daya tarik wisata dan kunjungan wisatawan benar-benar tertuju ke iven-iven ini, “ujar Komang.

Pada peluncuran Top 100 KEN 2024 itu dihadiri sejumlah Kementerian dan Lembaga, Gubernur dan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se Indonesia yang berhasil masuk Karisma Even Nasional tahun 2024. ( Abd21 )