DOMPET DHUAFA SINGGALANG LUNCURKAN PILANTROKOPI COFFE SHOP BERBASIS PEMBERDAYAAN

PADANG, UTAMAPOS.COM (18/09/2023) – Bertempat di Komplek GOR H.Agus Salim Dompet Dhuafa Singgalang meluncurkan Pilantrokopi Coffee Shop berbasis Pemberdayaan. Pilantrokopi merupakan turunan dari unit usaha Koperasi Solok Sirukam, dibawah pengawasan Dompet Dhuafa.

Program ini menjadi bagian dari program filantropreneur yang menggabungkan kewirausahaan yang dikelola profesional berbasis filantropi.

Program ini juga merupakan hilirisasi program yang sebelumya sudah dijalankan sejak 6 tahun yang lalu pemberdayaan petani kopi Solok Sirukam yang juga berkolaborasi dengan YBM BRILiaN.

Direktur Program Dompet Dhuafa Bambang Suherman menyampaikan bahwa unsur filantropi dari program ini adalah dengan keterlibatan SDM dari latar belakang marginal.

Mereka diberikan pelatihan dan pendampingan sehingga mampu menjalani proses pengolahan kopi dari pasca panen hingga menjadi barista profesional yang kemudian akan dihubungkan dengan mitra-mitra coffee shop yang ada di Sumatera Barat”, tuturnya.

Bermitra dengan Dua Pintu Kopi dan Roti Tenong, Pilantrokopi membawa nilai historical Kopi Solok Sirukam dan dampaknya bagi petani kopi di Nagari Sirukam. Nilai historical dan penjagaan atas nilai tersebut bisa dinikmati dalam secangkir kopi baik di indoor maupun outdoor yang nyaman.

Tak hanya menikmati kopi, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pengolahan kopi di roastery seperti yang sudah berjalan di kopi solok sirukam sembari menikmati segarnya alam sirukam yang sudah dilengkapi penginapan( @solok.sirukam ) . Kedepan akan dibuka kelas-kelas pelatihan pengolahan kopi maupun barista. ( ABD21)