‘Dishub kota Medan akan segera menaikkan Tarif parkir Kendaraan Bermotor “

"Dishub kota Medan akan segera menaikkan Tarif parkir Kendaraan Bermotor"

 

Utamapos.comDinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) akan segera menaikkan tarif retribusi parkir semua jenis kendaraan: seperti sepeda motor,mobil,mini bus,truk dsb.

“Kami akan naikkan tarif parkir sepeda motor Rp3.000 dari Rp1.000 untuk sekali parkir, dan mobil Rp5.000 dari Rp3.000 dan juga,mobil pick up, minibus, dan kendaraan sejenis menjadi Rp7.000, truk mini dan kendaraan sejenis menjadi Rp8.000, dan truk gandengan atau trailer menjadi Rp12.000 ribu masing-masing satu kali parkir, “ujar Kabid Parkir Dishub Kota Medan( Nikmal Fauzi lubis)

Namun kenaikan tarif parkir ini baru berlaku setelah nomor Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Sumut.

“Kami sedang menunggu perda itu berlaku dulu, karena belum ada penomoran. Jadi kita tunggu perdanya dinomorkan dulu, dan kita baru tahu kapan berlaku. Untuk saat ini masih proses,” ujarnya menegaskan.

Walaupun demikian, pihaknya juga gencar mensosialisasikan atas kenaikan tarif retribusi parkir tepi jalan kepada warga Kota Medan dan sekitarnya, termasuk lewat spanduk. Sebab kenaikan tarif parkir yang merupakan salah satu pendapatan asli daerah bagi Ibu kota Sumut yang direncanakan awal tahun ini.

“Kita harapkan perda ini efektif berlaku di Januari 2024, namun sampai penghujung tahun 2023 lalu belum selesai untuk penomoran perda,” Ujarnya kembali.

Nikmal mengatakan hingga kini perda tersebut sudah diproses oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, tinggal penomoran oleh Pemprov Sumut.

“Kenaikan tarif parkir ini berlaku secara umum di wilayah Kota Medan. Pemkot Medan memberikan target kepada kami sekitar Rp66 miliar tahun ini,” Tutupnya.

Reporter Sumut christianus Surbakti