‘Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan sediakan 248 lowongan kerja’ 

'Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan sediakan 248 lowongan kerja' 

 

Utamapos.com| Medan

Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Sumatera Utara menggelar job fair (bursa kerja) dengan menyediakan sebanyak 248 lowongan kerja di kawasan Medan Utara.

“Kali ini kita gelar di kantor Camat Medan Labuhan diikuti 10 perusahaan menyediakan 248 lowongan kerja,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Dumaria Gultom di Medan, Rabu.

Dia menjelaskan, terdapat 29 jabatan dicari dalam bursa kerja dengan jumlah kuota tenaga kerja 248 lowongan, terdiri atas 111 lelaki dan 134 perempuan, serta ada salah satu perusahaan waralaba di ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang juga menyediakan sebanyak tiga lowongan kerja untuk disabilitas.

Data pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen pada Agustus 2021.

“Kami harapkan job fair ini dapat mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Selain menggelar bursa kerja, pihaknya juga mempunyai aplikasi Siduta (Sistem Inovasi Terpadu Ketenagakerjaan) yang bisa mempertemukan pencari dan perusahaan penyedia pekerjaan dalam job fair ini.

Ia juga mengaku minat pencari kerja di kawasan Medan Utara yang meliputi empat kecamatan, yakni Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan, dan Medan Belawan dalam bursa kerja ini cukup tinggi.

“Untuk pelaksanaan tahun ini masyarakat Medan Utara cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Para pencari kerja sejak pagi sudah hadir untuk bertemu dengan perusahaan penyedia pekerjaan,” kata Duma.

Sementara Riski Mutia, salah satu pencari kerja mengaku sangat terbantu dengan pelaksanaan bursa kerja di kantor Camat Medan Labuhan yang digelar oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan itu.

“Saya sangat bersyukur. Selama ini saya cari pekerjaan ke mana-mana, itu susah. Dengan adanya kegiatan ini saya terbantu,” kata Mutia yang tinggal di Jalan Young Panah Hijau.

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan dengan menghadirkan jumlah perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan lebih banyak lagi.

“Waktu pelaksanaan pun kalau bisa minimal tiga hari atau sepekan agar lebih banyak pencari kerja yang tertampung,” katanya.(CS)