Bupati Rokan Hilir : Lantik Ikatan Guru Olahraga Nasional “IGORNAS”

Bagansiapiapi – (UtamaPos.com) Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, yakin jika seluruh atlet yang dibina sejak sekolah dasar, bukan tidak mungkin dimasa depan, Rokan Hilir akan masuk dalam urutan tiga besar. Dan itu membutuhkan tangan dingin pelatih yang berasal dari guru olahraga di mana atlet tersebut menuntut ilmu.

Melalui organisasi ini, insha Allah semua siswa dari SD sampai SMA akan termotivasi untuk menggapai prestasi,” kata Bupati usai melantik pengurus Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) cabang Rokan Hilir, Kamis (20/7/2024) digedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau.

Bupati menyebutkan, Pemerintah berupaya maksimal untuk mendongkrak prestasi olahraga di Rokan Hilir baik melalui pengiriman atlet maupun mengalokasikan anggaran bantuan melalui organisasi keolahragaan.

” Tahun kemarin kita sudah alokasikan anggaran Rp 5 Miliar untuk KONI, tapi kita masih saja kita bertengger diurutan ke 10 besar. Saya berharap melalui Igornas ini dapat membantu ranking kita minimal urutan tiga besarlah,” pintanya.

Menurutnya, seluruh guru olahraga yang tergabung dalam Igornas tentu lebih memahami psikologi anak didiknya untuk ditempa menjadi atlet. Dirinya juga menginginkan seluruh guru olahraga mendapatkan tambahan pengetahuan dengan menjalani program trainee yang bekerjasama dengan KONI.

Kalau tugas kami sebagai Pemerintah nanti bagaimana mendanai setiap ada event olahraga. Termasuk individu pelatihnya akan kami perhatikan,  jika perlu seluruh guru olahraga nanti kita ajukan formasi untuk diangkat menjadi PPPK,” cetusnya.

Dia berharap, semoga atlet olahraga di Rohil akan semakin jaya dan harapannya bukan saja terjun di kancah seleksi Porda, tapi kalau bisa berkiprah menjadi atlet  PON mewakili Riau.

“Sementara itu, ketua Igornas Rohil, Bambang Sudarman mengatakan, organisasi ini lahir setahun yang lalu di Jakarta. Untuk Riau, baru Bengkalis dan Rohil yang terbentuk

Bambang mengutarakan, untuk mencetak atlet tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh support dari stake holder baik Dinas Pendidikan dan Dispora.

Didalam kepengurusan Irgonas, ada pelatih bola kaki, Renang, Badminton serta wasit Pon dan wasit Nasional,” terangnya

Acara pelantikan Irgonas dihadiri Sekda, Kadis Pariwisata, Kadis Pendidikan, Kepala Kemenag, Kepala Kesbangpol, Ketua Koni, ketua TP PKK Rohil dan guru olahraga se-Kabupaten Rohil. (Diskominfotiks)

Komentar