BUMDes MITRA SENTOSA Desa Cikatomas Berkontribusi PADes.

BUMDes MITRA SENTOSA Desa Cikatomas Berkontribusi PADes.

Lebak – Untuk mewujudkan kemandirian pendapatan Anggaran, pemerintah pusat mendorong Desa membentuk badan usaha. Selain untuk meningkatkan pendapatan badan usaha, Itu Menjadi sarana Desa, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Harapan pemerintah pusat terkait dengan badan usaha tersebut salah satunya diwujudkan oleh Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Desa Cikatomas yang berada di Kabupaten Lebak, itu sudah memiliki badan usaha dari sejak dulu,tetapi mulai Diteruskan lagi ditahun 2022.

Pada pembentukannya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) MITRA SENTOSA Ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa dengan nama BUMDes “MITRA SENTOSA” Nama tersebut ditetapkan dari usulan rapat menyesuaikan dengan bidang unit usaha jual beli hasil bumi yang bekerja sama dengan para pengusaha kayu yang ada didesa cikatomas.

Perjalanannya, BUMDes MITRA SENTOSA sudah mengalami pengembangan dengan membentuk unit usaha Jual Beli Hasil Bumi, yang bermitra dengan pengusaha kayu yang ada didesa cikatomas.

Untuk Unit Usaha tahun 2022 , modal awal Sebesar 50.000.000.(lima puluh juta), Ditahun 2023 BUMDes MITRA SENTOSA desa Cikatomas mendapat tambahan modal dari Desa Rp 50.000.000(lima puluh juta Rupiah).

Dengan hasil dari pengembangan Modal BUMDes, “MITRA SENTOSA”,Melalui pengelolaan unit usaha tersebut, BUMDes “MITRA SENTOSA” berkontribusi pada Pendapatan Asli Desa (PADes) Rp 5000.000 (Lima juta Rupiah) Ditahun 2022.selanjutnya di tahun 2023 pendapatan Asli Desa(PADes) bertambah Rp 4200.000, BUMDes MITRA SENTOSA Cikatomas memiliki aset Modal 100.000.000.(seratus juta rupiah).

Dikatakan Direktur BUMDes Desa Cikatomas “Kiki”Pendapatan ditahun 2023, BUMDes MITRA SENTOSA Rp 14.000.000(Empat Belas juta Rupiah)hasil dari pendapatan/Keuntungan ditahun 2023,Dan Untuk penambahan modal 20%, Kalau untuk PADes itu 30% dari hasil pendapatan.

Sebetulnya BUMDes Desa Cikatomas bergerak dibidang Usaha Jual Beli hasil bumi,dan setiap diakhir tahun wajib laporan keuangan BUMDes,dan saya selaku pengelola BUMDes harus transparansi tidak ada yang ditutup-tutupi dibidang ini.

Karena ini untuk kemajuan desa Cikatomas demi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang dibawah,terangnya Direktur BUMDes Desa Cikatomas.

Terpisah Mita usaha BUMDes,”Kusaeri” yang akrab dipanggil (“H Ones”) Dirinya mengatakan saya selaku mitra Usaha,”BUMDes MITRA SENTOSA”sangat bangga karena Usaha BUMDes Desa Cikatomas Berjalan Dibidang Usaha jual beli hasil bumi seperti kayu.

Sebetulnya ini bukti nyata kalau BUMDes itu berjalan dan hasilnya ada, saya selaku mitra sangat berterimakasih kepihak BUMDes yang sudah bisa bekerja sama dibidang usaha.

Saya memanfaat sumberdaya alam yang ada,melalui BUMDes untuk menggali potensi yang ada didesa Cikatomas,yang bisa dikembangkan dari berbagi macam sektor, seperti jual beli hasil bumi, “BUMDes MITRA SENTOSA”jelas sudah membantu roda perekonomian masyarakat,.terangnya “H Ones”
(Tri)