Bawaslu Kabupaten Solok Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data pemilih Tetap Berkelanjutan

Simpang Pulai 20/12/2023 Utamapos.com.

Bertempat di kantor sekretariat Bawaslu Kabupaten Solok yang dihadiri oleh Panwascam kordiv HPPH se-kabupaten Solok  serta awak media mengadakan kegiatan rapat yang dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Solok (Titony Tanjung, S. Pd). Dalam arahan pembukaannya beliau menyampaikan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Solok agar selalu melalukan koordinasi dengan PPK dan PPS mengenai pelayanan terhadap masyarakat menyangkut pelaksanaan proses Pemilu Tahun 2024. Beliau mengharapkan saling kerjasama khususnya peningkatan pelayanan sesuai dengan tupoksi masing-masing sehingga kita sebagai penyelenggaran Pemilu dapat berjalan melayani apapun kebutuhan tehadap pelayanan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dalam kesempatan ini beliau juga mengharapkan profesionalisme kerja, kedisiplinan, dll.

Selanjutnya rapat dipandu oleh Staf Bawaslu Kabupaten Solok (Yuliatari) yg membahas tentang DPTB masing-masing kecamatan dengan membahas satu per satu kecamatan.

 

Berdasarkan hasil laporan beberapa kecamatan terangkum indikasi adanya kurang minat dan antusias masyarakat untuk melaporkan data masuk dan keluar ke kantor wali dan petugas data pemilih, selain itu juga masyarakat ada yang mengeluh karna jauhnya untuk kepengurusan surat menyurat serta dokumen kependudukan, apalagi kecamatan yang jauh dari pusat kabupaten.

PKD nagari sudah melaksanakan koordinasi dengan jajaran PPS mengenai data masuk data keluar dan data meninggal,  tetapi memang belum bisa menyandingkan data secara akurat yang disebabkan aplikasi  “Sidalih” masih dalam proses maintenance.

“Kurangnya antusias masyarakat yang peduli dengan data pemilih merupakan kendala dalam pelaporan data, sekalipun sudah ada posko pelaporan Dptb, baik data masuk baru ataupun data keluar. Pkd menyandingkan data dg PPS belum ada kecocokan karna aplikasi  sidalih yg masih maintenance. Sebanyak  16 orang masuk dan orang satu keluar ” ucap lidia sesvita Kordiv HPPH Panwascam Payung Sekaki.

Terkait pengurusan data dan dokumen kependudukan masyarakat tidak perlu lagi langsung jauh jauh untuk datang ke disdukcapil, berbagai upaya ” jemput bola ” telah dilakukan untuk mempermudah mulai dari mobil disdukcapil datang ke kecamatan sampai dengan adanya nomor Online kepengurusan data dan dokumen yang bisa diakses secara online dari masing masing kantor wali nagari dikabupaten Solok.

“Untuk di era digital sekarang semua sudah serba online, tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan fasilitas yang ada”  tegas Titony tanjung . abd21