Bawaslu dan Media Sinergi Ciptakan Informasi Kepemiluan Yang Baik

.Bawaslu dan Media Sinergi Ciptakan Informasi Kepemiluan Yang Baik

Pekanbaru, Utama Pos. Com – Peran media menjadi salah satu yang paling penting, dimana seluruh informasi kepemiluan bisa tersalurkan kepada masyarakat melalui pemberitaan dan publikasi, baik itu informasi yang bersifat edukatif, informatif dan informasi hasil pengawasan yang dilakukan oleh pengawas Pemilu, sehingga Bawaslu Riau melaksanakan kegiatan media gathering dengan tema Sinergi Media Bersama Bawaslu dalam Mengawal Pemilu Damai dan Berintegritas, Senin (12/02/2024) di Hotel Labersa.

Tahapan Pemilu sudah memasuki masa tenang, artinya sudah berakhir kesempatan peserta Pemilu untuk dapat melakukan kampanye, sehingga pengawas Pemilu harus lebih ekstra dalam mengawasi masa tenang, dengan tujuan untuk dapat mencegah pelanggaran yang terjadi.

Anggota Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya dalam sambutannya menyampaikan Bawaslu harus lebih waspada dalam masa tenang dan harus jeli dengan akan adanya politik uang.

“Selama masa tenang, seluruh peserta Pemilu dilarang melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan kampanye, baik metode tatap muka, pertemuan terbatas atau menyebarkan bahan kampanye” ucap Amir saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari akademisi Dr. Tito Handoko dan dari Mapilu-PWI Riau Muhammad Amin.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal menyampaikan sambutannya sebelum berlanjut ke sesi diskusi.

Dia menyampaikan Bawaslu dan media harus dapat bersinergi agar terciptanya informasi tentang kepemiluan yang baik.

“Apabila memang ada informasi terkait pelanggaran Pemilu yang terjadi, silahkan masyarakat dapat melaporkannya kepada kami Bawaslu Riau, kami sudah memiliki posko aduan masyarakat terhadap pelanggaran Pemilu,” tutupnya.

Peserta dikegiatan ini dari media cetak, media elektronik dan media online dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Bawaslu Riau sebagai salah satu penyelenggara Pemilu dengan media-media yang berada di wilayah Provinsi Riau.