Banjir bandang terjang Simalungun, 28 KK mengungsi dan jalan putus total

utamapos.com SUMUT/SIMALUNGUN -Banjir bandang melanda Desa Purba Pasir, Kecamatan Harang Gaol Horison, Simalungun, Sumatera Utara pada Rabu, 20 Desember 2023. Kejadian ini disebabkan oleh jebolnya tanggul di Desa Purba Tongah, Kecamatan Purba, yang menyebabkan air bah tumpah membawa material batu, kayu, tanah, dan lumpur dari perbukitan. Dua unit rumah warga dilaporkan hanyut hingga ke Danau Toba.

 

Sementara tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, 28 keluarga terpaksa mengungsi. Jalan penghubung terputus, dan sambungan listrik pun sementara masih lumpuh. Rumah-rumah lainnya juga mengalami kerusakan akibat serbuan air bah yang mendalam.

 

Banjir bandang ini juga menghanyutkan perkuburan warga, dan ternak mereka hilang. Diduga, kejadian ini disebabkan oleh jebolnya bendungan di Sitalasari, Kelurahan Tigarunggu.

 

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung, menyatakan bahwa kejadian bencana alam ini terjadi pada pukul 17.00 WIB dan diduga disebabkan jebolnya bendungan di Sitalasari. “Kapolsek Purba AKP Marolop Sinaga bersama personel telah mengecek kondisi di lapangan dan diperoleh informasi bahwa banjir yang menerjang permukiman warga membawa material batuan, kayu dan lumpur,” kata AKBP Ronald melalui keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, 21 Desember 2023.

 

Dia menjelaskan bahwa akibatnya dua rumah semi permanen hanyut disapu banjir, 20 makam rusak, dan ternak warga menghilang. Mantan Kapolres Tapanuli Utara (Taput) ini menyebut telah memerintahkan personel kepolisian bergabung dengan Satgas Penanganan Bencana Alam untuk melakukan proses evakuasi warga dari lokasi.

 

“Data sementara ada 28 kepala keluarga (KK) yang harus mengungsi akibat bencana ini. Personel kepolisian yang dipimpin Bapak Kapolsek AKP Marolop sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Simalungun dalam upaya-upaya evaluasi warga,” kata AKBP Ronald.

 

Sementara itu, Kapolsek Purba, AKP Marolop Sinaga, mengatakan pihaknya terus berupaya memastikan warga dalam keadaan aman dan selamat. Polsek Purba terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan proses evakuasi dan pembersihan material yang menutup akses jalan di Dusun 2 Binanga Bolon.

 

“Proses evakuasi dan pembersihan material yang menutup jalan dan penanganan darurat ini akan terus kami lakukan hingga situasi kembali kondusif,” kata AKP Marolop.

 

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan keselamatan jiwa dan tidak panik dengan tetap mengikuti arahan dari petugas yang ada di lapangan. “Untuk warga sekitar kami meminta untuk tetap waspada dan dapat mengikuti arahan dari petugas yang ada dilapangan serta bekerjasama dalam menjaga kekondusifan. Mari kuatkan solidaritas dalam menghadapi bencana ini,” harapnya.

 

AKP Marolop mengatakan kondisi akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Haranggaol dan Tigaras, Kecamatan Pematang Sidamanik, terputus akibat tertutup material banjir. “Bapak Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga telah meninjau langsung kondisi di lokasi banjir. Saat ini 28 KK terdampak mengungsi di kediaman Pangulu Nagori Purba Pasir,” pungkasnya

 

Reporter SUMUT Christianus Surbakti