Ada 30 kasus covid-19 di kabupaten/kota sumut

Utamapos.com Sumut/ Medan – Tercatat ada 30 Covid-19 ditemukan disejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Sehingga, Provinsi (Pemprov) Sumut mengingatkan kembali, masyarakat tetap menjaga dan disiplin protokol kesehatan (Prokes) dalam aktivitas sehari-hari.

dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes, menjelaskan peningkatan kasus aktif Covid-19 ini, terjadi beberapa hari belakangan ini. “Peningkatan ini terjadi sejak 2 hari lalu,” ucap Alwi kepada wartawan, di Kota Medan, Jumat 22 Desember 2023.

Alwi mengungkapkan sebagian besar penderita Covid-19 masih mengalami gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri. Untuk diketahui, Dinkes Sumut mencatat 30 kasus Covid-19 itu. Kadinkes Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan.

Dengan rinciannya 22 kasus di Kota Medan, 2 di Kota Tebingtinggi, 2 di Kabupaten Deliserdang, 1 di Kabupaten Labuhanbatu. Kemudian, 1 di Kabupaten Serdang Bedagai, 1 di Kota Pematangsiantar dan 1 kasus di Batubara. Lanjut, Alwi mengatakan usia penderita Covid-19 itu, mulai usia 18 sampai diatas 60 tahun.

Untuk mengatasi Covid-19 ini, Alwi mengungkapkan tidak lepas dari menjalani hidup dengan menerapkan Prokes. Namun, ada juga kasus yang berakhir dengan keadaan yang fatal dan pasien harus dirawat di ICU.

“Oleh karena itu, semua orang harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika merasa ada gejala Covid-19, sebaiknya segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan,” tutur Alwi.

Sementara itu, Direktur Utama RSUPH Adam Malik, Medan, Dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), mengungkapkan pihaknya, tengah merawat 6 pasien COVID-19

Mereka masuk ke RSUP HAM itu secara bertahap. “Dari 6 pasien tersebut, 5 di antaranya dinyatakan positif Covid-19 dan 1 masih menunggu hasil uji PCR sebagai pasien suspek,” ucap Zainal.

Zainal menjelaskan bahwa masyarakat sudah mulai peduli terhadap vaksin. Namun masih ada yang belum mendapatkan vaksin lengkap, terutama booster yang seharusnya diberikan 2 kali.

“RSUPH Adam Malik telah berkoordinasi dengan Dinkes untuk menyediakan vaksin dan booster bagi orang yang belum lengkap. Rencananya, pelayanan vaksinasi akan dibuka setiap hari di RSUPH Adam Malik dalam waktu dekat,” ucap Zainal.

Zainal juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pasien Covid-19 yang dirawat memiliki komorbiditas, seperti diabetes dan gangguan paru-paru.

Atas hal itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki komorbiditas untuk melindungi diri dengan menggunakan masker saat berkunjung ke tempat ramai atau berpergian ke luar negeri. “Selain itu, bagi yang belum divaksinasi lengkap, diharapkan melakukan vaksinasi segera,” jelas Zainal.

Reporter SUMUT Christianus Surbakti